Pelatihan dan Sertifikasi

Merancang Strategi Saluran Pemasaran untuk UMKM

Details

Digitalisasi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, mengubah cara tradisional interaksi antara konsumen dan bisnis dari tatap muka menjadi virtual. Perubahan ini tidak dapat dihindari, menjadikan pemasaran digital suatu aspek yang sangat penting untuk dipahami. Dengan digitalisasi, terjadi transformasi perilaku konsumen yang kini banyak menghabiskan waktu online dan aktif di media sosial. Konsumen menggunakan layanan online untuk mencari informasi, menyimpan file, mendengarkan musik, mengirim email, dan mengakses platform seperti Google, WhatsApp, Instagram, dan Facebook.

 

Transaksi jual beli pun semakin terdigitalisasi dengan penggunaan berbagai perangkat terhubung, seperti ponsel pintar, tablet, dan laptop.Ada pandangan yang menyebutkan, "Jika sebuah bisnis tidak dapat ditemukan di Google, mungkin bisnis tersebut dianggap tidak eksis." Pernyataan ini menyoroti pentingnya strategi pemasaran digital, yang dapat menjadi bidang spesialisasi dalam dunia pemasaran perusahaan atau membantu membangun bisnis UMKM.

 

Tujuan Khusus

  1. Peserta memiliki pengetahuan dasar pemasaran digital
  2. Peserta mengenal ideal produk bisnis dari hasil survey target pelanggan
  3. Mampu menentukan parameter keberhasilan saluran pemasaran
  4. Mampu mengambil rekomendasi dari hasil evaluasi
  5. Peserta mampu membuat akun, menyusun serta menjalani strategi Google Bisnis, Whatsapp Bisnis,Instagram Bisnis dan Facebook Page
  6. Peserta mampu membuat USP (Unique Selling Point) Produk Bisnis
  7. Peserta mampu membuat pendekatan saluran pemasaran dan editorial plan sesuai target pelanggan
  8. Peserta mampu beradaptasi dengan perubahan tren pasar
  9. Peserta mampu bertanggung jawab terhadap strategi saluran pemasaran yang dibuat

 

Rujukan Okupasi dan Materi

  1. Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI) 2431.01 
  2. SKKNI No. 351 tahun 2014 Tentang Jasa Profesional, Ilmiah Dan Teknis Golongan Pokok Periklanan Dan Penelitian Pasar Bidang Keahlian Periklanan

 

Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNISI)

  1. Peserta memiliki pengetahuan dasar pemasaran digital
  2. Peserta mengenal ideal produk bisnis dari hasil survey target pelanggan
  3. Peserta mampu menentukan parameter keberhasilan saluran pemasaran

SIKAP (AFEKSI)

  1. Peserta mampu beradaptasi dengan perubahan tren pasar
  2. Peserta mampu bertanggung jawab terhadap strategi saluran pemasaran yang dibuat

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

  1. Peserta mampu membuat akun, menyusun serta menjalani strategi Google Bisnis, Whatsapp Bisnis, Instagram Bisnis dan Facebook Page
  2. Peserta mampu membuat USP (Unique Selling Point) Produk Bisnis dengan cermat
  3. Peserta mampu membuat pendekatan saluran pemasaran editorial plan sesuai target pelanggan

 

Pelatihan menggunakan moda pembelajaran mandiri ( Asynchronous) menggunakan video pembelajaran.

 

Sesi - Materi

Sesi 1 - Dasar Pemasaran Digital

Sesi 2 - Riset Pasar

Sesi 3 - Identifikasi USP

Sesi 4 - Produksi Konten Kreatif

Sesi 5 - Matriks Konten Pemasaran

Sesi 6 - Pemahaman Google Bisnis

Sesi 7 - Pemahaman WhatsApp Bisnis

Sesi 8 - Pemahaman IG Bisnis

Sesi 9 - Pemahaman Facebook Pages

Sesi 10 - Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran

 

Tata Cara/Prosedur

  1. Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
  2. Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
  3. Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu.
  4. Verifikasi Email kamu
  5. Setelah proses verifikasi selesai, Anda diarahkan untuk menuju link pelatihan.
  6. Scroll ke bawah untuk menemukan jadwal kelas. Silahkan pilih jadwal kelas Anda.
  7. Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman pembayaran. Silahkan masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
  8. Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
  9. Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk

 

Untuk Informasi lebih lanjut hubungi:

Email Official: infokita@kitakompeten.id

Admin :+6281210007012

 

 

MENGIRIM DATA, SILAKAN TUNGGU...